Informasi Tentang Pengertian Apa itu Optimasi SEO 101
bab 2 Informasi Tentang Pengertian Apa itu Optimasi SEO 101
Apa itu SEO 101, dan mengapa itu penting?Selamat datang! Kami senang Anda ada di sini!
Jika Anda sudah memiliki pemahaman yang kuat tentang SEO dan mengapa itu penting, Anda dapat beralih ke Bab 2 (meskipun kami masih akan merekomendasikan membaca praktik terbaik dari Google dan Bing di akhir bab ini; itu penyegar yang berguna).
Untuk semua orang, bab ini akan membantu membangun pengetahuan dasar SEO Anda dan kepercayaan diri saat Anda melangkah maju.
Apa itu SEO?
SEO adalah singkatan dari "optimisasi mesin pencari." Ini adalah praktik meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas situs web, serta paparan terhadap merek Anda, melalui hasil mesin pencari yang tidak berbayar (juga dikenal sebagai "organik").Meskipun akronim, SEO adalah tentang orang seperti halnya tentang mesin pencari itu sendiri. Ini tentang memahami apa yang dicari orang secara online, jawaban yang mereka cari, kata-kata yang mereka gunakan, dan jenis konten yang ingin mereka konsumsi. Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan memungkinkan Anda terhubung dengan orang-orang yang mencari secara online untuk solusi yang Anda tawarkan.
Jika mengetahui maksud audiens Anda adalah satu sisi dari koin SEO, mengirimkannya dengan cara yang dapat ditemukan dan dipahami oleh perayap mesin pencari. Dalam panduan ini, harap pelajari cara melakukan keduanya.
Apa arti kata itu?
Jika Anda mengalami masalah dengan salah satu definisi dalam bab ini, pastikan untuk membuka glosari SEO kami untuk referensi! Lihatlah daftar istilah SEODasar-dasar mesin pencari
Mesin pencari adalah mesin penjawab.
Mereka menjelajahi jutaan konten dan mengevaluasi ribuan faktor untuk
menentukan konten mana yang paling mungkin menjawab pertanyaan Anda.
Mesin pencari melakukan semua ini dengan menemukan dan membuat katalog semua konten yang tersedia di Internet (halaman web, PDF, gambar, video, dll.) Melalui proses yang dikenal sebagai "perayapan dan pengindeksan," dan kemudian memesannya dengan seberapa cocok dengan kueri dalam proses yang kami sebut sebagai "peringkat." Kami akan membahas perayapan, pengindeksan, dan peringkat secara lebih rinci di Bab 2.
Hari ini, halaman hasil mesin pencari - sering disebut sebagai "SERP" - diisi dengan lebih banyak format iklan dan hasil organik yang lebih dinamis (disebut "fitur SERP") daripada yang pernah kita lihat sebelumnya. Beberapa contoh fitur SERP adalah cuplikan fitur (atau kotak jawaban), kotak People juga Ask, carousel gambar, dll. Fitur SERP baru terus muncul, sebagian besar didorong oleh apa yang dicari orang.
Misalnya, jika Anda mencari "cuaca Denver," Anda akan melihat ramalan cuaca untuk kota Denver langsung di SERP alih-alih tautan ke situs yang mungkin memiliki ramalan itu. Dan, jika Anda mencari "pizza Denver," Anda akan melihat hasil "paket lokal" yang terdiri dari tempat pizza Denver. Nyaman bukan?
Penting untuk diingat bahwa mesin pencari menghasilkan uang dari iklan. Tujuan mereka adalah untuk lebih baik memecahkan permintaan pencarian (dalam SERP), untuk membuat pencari kembali, dan untuk menjaga mereka pada SERP lebih lama.
Beberapa fitur SERP di Google bersifat organik dan dapat dipengaruhi oleh SEO. Ini termasuk cuplikan unggulan (hasil organik yang dipromosikan yang menampilkan jawaban di dalam kotak) dan pertanyaan terkait (alias kotak "People Also Ask").
Perlu dicatat bahwa ada banyak fitur pencarian lain yang, meskipun mereka tidak dibayar iklan, biasanya tidak dapat dipengaruhi oleh SEO. Fitur-fitur ini seringkali memiliki data yang diperoleh dari sumber data eksklusif, seperti Wikipedia, WebMD, dan IMDb.
Mesin pencari melakukan semua ini dengan menemukan dan membuat katalog semua konten yang tersedia di Internet (halaman web, PDF, gambar, video, dll.) Melalui proses yang dikenal sebagai "perayapan dan pengindeksan," dan kemudian memesannya dengan seberapa cocok dengan kueri dalam proses yang kami sebut sebagai "peringkat." Kami akan membahas perayapan, pengindeksan, dan peringkat secara lebih rinci di Bab 2.
Hasil pencarian mana yang "organik"?
Seperti yang kami katakan sebelumnya, hasil pencarian organik adalah yang diperoleh melalui SEO yang efektif, tidak dibayar (yaitu bukan iklan). Ini dulunya mudah dikenali - iklan diberi label yang jelas dan hasil yang tersisa biasanya berupa "10 tautan biru" yang tercantum di bawahnya. Tetapi dengan cara pencarian berubah, bagaimana kita dapat melihat hasil organik hari ini?Hari ini, halaman hasil mesin pencari - sering disebut sebagai "SERP" - diisi dengan lebih banyak format iklan dan hasil organik yang lebih dinamis (disebut "fitur SERP") daripada yang pernah kita lihat sebelumnya. Beberapa contoh fitur SERP adalah cuplikan fitur (atau kotak jawaban), kotak People juga Ask, carousel gambar, dll. Fitur SERP baru terus muncul, sebagian besar didorong oleh apa yang dicari orang.
Misalnya, jika Anda mencari "cuaca Denver," Anda akan melihat ramalan cuaca untuk kota Denver langsung di SERP alih-alih tautan ke situs yang mungkin memiliki ramalan itu. Dan, jika Anda mencari "pizza Denver," Anda akan melihat hasil "paket lokal" yang terdiri dari tempat pizza Denver. Nyaman bukan?
Penting untuk diingat bahwa mesin pencari menghasilkan uang dari iklan. Tujuan mereka adalah untuk lebih baik memecahkan permintaan pencarian (dalam SERP), untuk membuat pencari kembali, dan untuk menjaga mereka pada SERP lebih lama.
Beberapa fitur SERP di Google bersifat organik dan dapat dipengaruhi oleh SEO. Ini termasuk cuplikan unggulan (hasil organik yang dipromosikan yang menampilkan jawaban di dalam kotak) dan pertanyaan terkait (alias kotak "People Also Ask").
Perlu dicatat bahwa ada banyak fitur pencarian lain yang, meskipun mereka tidak dibayar iklan, biasanya tidak dapat dipengaruhi oleh SEO. Fitur-fitur ini seringkali memiliki data yang diperoleh dari sumber data eksklusif, seperti Wikipedia, WebMD, dan IMDb.
Mengapa SEO itu penting?
Sementara iklan berbayar, media sosial, dan platform online lainnya dapat menghasilkan lalu lintas ke situs web, sebagian besar lalu lintas online didorong oleh mesin pencari.Hasil pencarian organik mencakup lebih banyak real estat digital, tampak lebih kredibel bagi pencari yang berpengalaman, dan menerima lebih banyak klik daripada iklan berbayar. Misalnya, dari semua pencarian di AS, hanya ~ 2,8% orang yang mengklik iklan berbayar.
Singkatnya: SEO memiliki ~ 20X lebih banyak peluang lalu lintas daripada PPC di ponsel dan desktop.
SEO juga merupakan satu-satunya saluran pemasaran online yang, jika diatur dengan benar, dapat terus membayar dividen seiring waktu. Jika Anda memberikan konten yang solid yang layak untuk diberi peringkat untuk kata kunci yang tepat, lalu lintas Anda dapat bertambah seiring waktu, sedangkan iklan membutuhkan dana terus menerus untuk mengirimkan lalu lintas ke situs Anda.
Mesin pencari semakin pintar, tetapi mereka masih membutuhkan bantuan kami.
Mengoptimalkan situs Anda akan membantu memberikan informasi yang lebih baik ke mesin pencari sehingga konten Anda dapat diindeks dan ditampilkan dengan benar dalam hasil pencarian.
Haruskah saya menyewa seorang profesional, konsultan, atau agensi SEO?
Tergantung pada bandwidth Anda, kemauan untuk belajar, dan kompleksitas situs web Anda, Anda bisa melakukan beberapa SEO dasar sendiri. Atau, Anda mungkin menemukan bahwa Anda lebih suka bantuan ahli. Apa pun caranya tidak apa-apa!Jika Anda akhirnya mencari bantuan ahli, penting untuk mengetahui bahwa banyak agensi dan konsultan "menyediakan layanan SEO," tetapi kualitasnya dapat sangat bervariasi. Mengetahui cara memilih perusahaan SEO yang baik dapat menghemat banyak waktu dan uang, karena teknik SEO yang salah sebenarnya dapat membahayakan situs Anda lebih daripada yang akan mereka bantu.
Topi putih vs SEO topi hitam
"White hat SEO" mengacu pada teknik SEO, praktik terbaik, dan strategi yang mematuhi aturan mesin pencari, fokus utamanya untuk memberikan nilai lebih kepada orang-orang."Black hat SEO" mengacu pada teknik dan strategi yang berupaya melakukan spam / menipu mesin pencari. Meskipun black hat SEO dapat berfungsi, itu membuat situs web berisiko besar terkena sanksi dan / atau tidak diindeks (dihapus dari hasil pencarian) dan memiliki implikasi etis.
Situs web yang terkena sanksi telah membuat bisnis bangkrut. Ini hanyalah alasan lain untuk sangat berhati-hati ketika memilih pakar atau agensi SEO.
Mesin pencari berbagi tujuan yang sama dengan industri SEO
Mesin pencari ingin membantu Anda sukses. Bahkan, Google bahkan memiliki Panduan Starter Optimasi Mesin Pencari , seperti Panduan Pemula! Mereka juga sangat mendukung upaya komunitas SEO. Konferensi pemasaran digital - seperti Unbounce, MNsearch, SearchLove, dan MozCon milik Moz - secara teratur menarik para insinyur dan perwakilan dari mesin pencari utama.Google membantu para webmaster dan SEO melalui Forum Bantuan Pusat Webmaster dan dengan menyelenggarakan hangout jam kantor secara langsung. (Bing, sayangnya, menutup Forum Webmaster mereka pada tahun 2014.)
Meskipun pedoman webmaster bervariasi dari mesin pencari ke mesin pencari, prinsip dasarnya tetap sama: Jangan mencoba menipu mesin pencari. Alih-alih, berikan pengunjung Anda pengalaman daring yang hebat. Untuk melakukan itu, ikuti pedoman mesin pencari dan penuhi niat pengguna.
Pedoman Webmaster Google
Prinsip dasar:
- Buat halaman terutama untuk pengguna, bukan mesin pencari.
- Jangan menipu pengguna Anda.
- Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Aturan praktis yang baik adalah apakah Anda akan merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke situs web kepada karyawan Google. Tes lain yang bermanfaat adalah bertanya, "Apakah ini membantu pengguna saya? Apakah saya akan melakukan ini jika mesin pencari tidak ada?"
- Pikirkan tentang apa yang membuat situs web Anda unik, berharga, atau menarik.
Hal-hal yang harus dihindari:
- Konten yang dihasilkan secara otomatis
- Berpartisipasi dalam skema tautan
- Membuat halaman dengan sedikit atau tanpa konten asli (mis. Disalin dari tempat lain)
- Cloaking - praktik menampilkan crawler mesin pencari konten yang berbeda dari pengunjung.
- Teks dan tautan tersembunyi
- Laman doorway - halaman yang dibuat untuk memberi peringkat baik untuk pencarian spesifik untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.
Adalah baik untuk menjadi sangat akrab dengan Pedoman Webmaster Google. Luangkan waktu untuk mengenal mereka.
Pedoman Webmaster Bing
Prinsip dasar:
- Berikan konten yang jelas, mendalam, menarik, dan mudah ditemukan di situs Anda.
- Buat judul halaman tetap jelas dan relevan.
- Tautan dianggap sebagai sinyal popularitas dan tautan hadiah Bing yang tumbuh secara organik.
- Pengaruh sosial dan pembagian sosial adalah sinyal positif dan dapat berdampak pada bagaimana Anda menentukan peringkat secara organik dalam jangka panjang.
- Kecepatan halaman itu penting, bersama dengan pengalaman pengguna yang positif dan bermanfaat.
- Gunakan atribut alt untuk menggambarkan gambar, sehingga Bing dapat lebih memahami konten.
Hal-hal yang harus dihindari:
- Konten yang tipis, halaman yang sebagian besar menampilkan iklan atau tautan afiliasi, atau yang mengarahkan pengunjung ke situs lain tidak akan mendapat peringkat yang baik.
- Taktik tautan kasar yang bertujuan untuk mengembang jumlah dan sifat tautan masuk seperti membeli tautan, berpartisipasi dalam skema tautan, dapat menyebabkan pengindeksan ulang.
- Pastikan struktur URL yang bersih, ringkas, inklusif kata kunci tersedia. Parameter dinamis dapat mengotori URL Anda dan menyebabkan masalah duplikat konten.
- Buat URL Anda deskriptif, pendek, kata kunci kaya bila memungkinkan, dan hindari karakter non-huruf.
- Mengubur tautan dalam Javascript / Flash / Silverlight; jauhkan konten dari ini juga.
- Konten duplikat
- Isian kata kunci
- Cloaking - praktik menampilkan crawler mesin pencari konten yang berbeda dari pengunjung.
Pedoman untuk mewakili bisnis lokal Anda di Google
Jika bisnis tempat Anda menjalankan pekerjaan SEO beroperasi secara lokal, baik di luar etalase atau mengarahkan ke lokasi pelanggan untuk melakukan layanan, itu memenuhi syarat untuk daftar Google Bisnisku. Untuk bisnis lokal seperti ini, Google memiliki pedoman yang mengatur apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan dalam membuat dan mengelola daftar ini.Prinsip dasar:
- Pastikan Anda memenuhi syarat untuk dimasukkan dalam indeks Google Bisnisku; Anda harus memiliki alamat fisik, meskipun itu adalah alamat rumah Anda, dan Anda harus melayani pelanggan secara langsung, baik di lokasi Anda (seperti toko ritel) atau di alamat mereka (seperti tukang ledeng)
- Jujur dan akurat mewakili semua aspek data bisnis lokal Anda, termasuk nama, alamat, nomor telepon, alamat situs web, kategori bisnis, jam operasi, dan fitur lainnya.
Hal-hal yang harus dihindari
- Pembuatan daftar Google Bisnisku untuk entitas yang tidak memenuhi syarat
- Kesalahan penyajian informasi bisnis inti Anda, termasuk “mengisi” nama bisnis Anda dengan kata kunci geografis atau layanan, atau membuat daftar untuk alamat palsu
- Gunakan kotak PO atau kantor virtual alih-alih alamat jalan otentik
- Penyalahgunaan bagian ulasan pada daftar Google Bisnisku, melalui ulasan positif palsu dari bisnis Anda atau palsu negatif dari pesaing Anda
- Mahal, kesalahan pemula yang berasal dari kegagalan untuk membaca detail pedoman Google
Jika Anda akan fokus pada peringkat di mesin pencari Bing, kenali juga panduan mereka. Itu hanya sopan (dan akal sehat!) Lihat Panduan Webmaster Bing selengkapnya di sini
SEO lokal, nasional, atau internasional?
Bisnis lokal akan sering ingin menentukan peringkat untuk kata kunci
niat lokal seperti "[layanan] + [dekat saya]" atau "[layanan] + [kota]"
untuk menangkap pelanggan potensial yang mencari produk atau layanan di
lokasi tertentu di yang mereka tawarkan. Namun, tidak semua bisnis beroperasi secara lokal.
Banyak situs web yang tidak mewakili bisnis berbasis lokasi, tetapi
malah menargetkan audiens di tingkat nasional atau bahkan internasional. Waspadai lebih banyak lagi tentang topik SEO lokal, nasional, dan internasional di Bab 4 !
Memenuhi niat pengguna
Alih-alih melanggar pedoman ini dalam upaya menjebak mesin pencari ke peringkat Anda lebih tinggi, fokuslah pada pemahaman dan memenuhi maksud pengguna. Ketika seseorang mencari sesuatu, mereka memiliki hasil yang diinginkan. Baik itu jawaban, tiket konser, atau foto kucing, konten yang diinginkan adalah "niat pengguna" mereka.Jika seseorang melakukan pencarian untuk "band," apakah niat mereka untuk menemukan band musikal, band pernikahan, gergaji band, atau yang lainnya?
Tugas Anda sebagai SEO adalah menyediakan konten yang diinginkan dengan cepat kepada pengguna dalam format yang diinginkan.
Jenis niat pengguna umum:
Informasi: Mencari informasi. Contoh: "Apa jenis laptop terbaik untuk fotografi?"
Navigasi: Mencari situs web tertentu. Contoh: "Apple"
Transaksional: Mencari untuk membeli sesuatu. Contoh: "penawaran bagus untuk MacBook Pro"Anda bisa mendapatkan sedikit intensi pengguna dengan Googling kata kunci yang Anda inginkan dan mengevaluasi SERP saat ini. Misalnya, jika ada korsel foto, sangat mungkin orang mencari kata kunci yang mencari foto.
Evaluasi juga konten apa yang disediakan pesaing tingkat atas yang Anda tidak miliki saat ini. Bagaimana Anda bisa memberikan nilai 10X di situs web Anda?
Memberikan konten yang relevan dan berkualitas tinggi di situs web Anda akan membantu Anda peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian, dan yang lebih penting, itu akan membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan audiens online Anda.
Sebelum Anda melakukan semua itu, Anda harus terlebih dahulu memahami tujuan situs web Anda untuk menjalankan rencana SEO strategis.
Ketahui tujuan situs web / klien Anda
Setiap situs web berbeda, jadi luangkan waktu untuk benar - benar memahami tujuan bisnis situs tertentu . Ini tidak hanya akan membantu Anda menentukan area SEO mana yang harus Anda fokuskan, di mana melacak konversi, dan cara menetapkan tolok ukur, tetapi juga akan membantu Anda membuat poin pembicaraan untuk menegosiasikan proyek SEO dengan klien, bos, dllApa KPI Anda (Indikator Kinerja Utama) untuk mengukur pengembalian investasi SEO? Lebih sederhana, apa barometer Anda untuk mengukur keberhasilan upaya pencarian organik Anda? Anda harus mendokumentasikannya, meskipun sederhana:
Untuk situs web ____________, KPI SEO utama saya adalah ____________.Berikut adalah beberapa KPI umum untuk membantu Anda memulai:
- Penjualan
- Unduhan
- Pendaftaran email
- Pengiriman formulir kontak
- Panggilan telepon
- Klik untuk menelepon
- Klik-ke-situs web
- Petunjuk arah klik untuk mengemudi
"Tapi tunggu dulu!" Katamu. "Saya datang ke sini untuk belajar tentang SEO karena saya dengar itu bisa membantu saya peringkat dan mendapatkan lalu lintas, dan Anda mengatakan itu bukan tujuan yang penting?"
Tidak semuanya! Anda telah mendengar dengan benar. SEO dapat membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi dalam hasil pencarian dan akibatnya mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda, hanya saja peringkat dan lalu lintas adalah sarana untuk mencapai tujuan. Ada sedikit penggunaan peringkat jika tidak ada yang mengklik ke situs Anda, dan ada sedikit gunanya dalam meningkatkan lalu lintas Anda jika lalu lintas itu tidak mencapai tujuan bisnis yang lebih besar.
Misalnya, jika Anda menjalankan situs pembuatan timbal, apakah Anda lebih suka memiliki:
- 1.000 pengunjung bulanan dan 3 orang mengisi formulir kontak? Atau...
- 300 pengunjung bulanan dan 40 orang mengisi formulir kontak?
SEO mencapai jauh lebih banyak daripada metrik kesombongan. Ketika dilakukan dengan baik, ini membantu bisnis nyata mencapai tujuan nyata untuk kesuksesan mereka.
Pelajari lebih lanjut tentang menentukan strategi dan menetapkan tujuan
bisnis, pemasaran, dan SEO dalam angsuran pertama Panduan Satu Jam
untuk SEO, yang diselenggarakan oleh satu-satunya Rand Fishkin!
Menetapkan (dan akhirnya mencapai) tujuan yang tepat adalah salah satu hal paling penting yang dapat Anda lakukan sebagai SEO. Kami bahkan memiliki Papan Tulis Jumat yang praktis tentang cara menetapkan sasaran yang cerdas dan terukur untuk klien Anda!
Menetapkan (dan akhirnya mencapai) tujuan yang tepat adalah salah satu hal paling penting yang dapat Anda lakukan sebagai SEO. Kami bahkan memiliki Papan Tulis Jumat yang praktis tentang cara menetapkan sasaran yang cerdas dan terukur untuk klien Anda!
Panduan ini akan membantu Anda menjadi lebih didorong oleh data dalam upaya SEO Anda.
Daripada melemparkan panah sembarangan ke mana-mana (dan mendapatkan
keberuntungan sesekali), Anda akan menempatkan lebih banyak kayu di
belakang panah yang lebih sedikit.
Ambil busur (dan kopi); mari selami Bab 2 (Bagaimana Mesin Pencari Bekerja - Merangkak, Membuat Indeks, dan Memberi Peringkat) .
refrensi : moz.com
Ambil busur (dan kopi); mari selami Bab 2 (Bagaimana Mesin Pencari Bekerja - Merangkak, Membuat Indeks, dan Memberi Peringkat) .
refrensi : moz.com