-->

Pengertian Apa yang dimaksud Backlink?? Tautan atau Pranala Balik

Pengertian Apa yang dimaksud Backlink?? Tautan atau Pranala Balik


 

Pengertian Apa yang dimaksud Backlink?? Tautan atau Pranala Balik

Tautan balik  - Apa Itu Backlink?


Tautan balik (juga dikenal sebagai "tautan masuk", "tautan masuk" atau "tautan satu arah") adalah tautan dari satu situs web ke halaman di situs web lain. Google dan mesin pencari utama lainnya mempertimbangkan backlink "suara" untuk halaman tertentu. Halaman dengan jumlah backlink yang tinggi cenderung memiliki peringkat mesin pencari organik yang tinggi.
What are backlinks?
Misalnya, di sini ada tautan dari Forbes ke situs web saya.
Forbes backlink
Karena tautan itu menunjuk langsung ke halaman di situs web saya, itu adalah "tautan balik".

Mengapa Backlink Penting?

Tautan balik pada dasarnya adalah suara dari situs web lain. Masing-masing suara ini memberi tahu mesin pencari: "Konten ini berharga, kredibel dan bermanfaat".
Jadi, semakin banyak "suara" yang Anda miliki, semakin tinggi peringkat situs Anda di Google dan mesin pencari lainnya.
Number of backlinks
Menggunakan tautan dalam algoritma mesin pencari bukanlah hal baru. Bahkan, backlink membentuk dasar dari algoritma asli Google (dikenal sebagai " PageRank").
PageRank citation
Meskipun Google telah membuat ribuan perubahan pada algoritme sejak saat itu, backlink tetap menjadi sinyal peringkat utama.
Misalnya, studi industri baru-baru ini yang kami lakukan menemukan bahwa tautan tetap menjadi sinyal peringkat utama Google .
Total external backlinks
Dan Google telah mengkonfirmasi bahwa backlink tetap menjadi salah satu dari tiga faktor peringkat mesin pencari mereka yang paling penting.
Search ranking factors

Apa Jenis Backlinks yang Berharga?

Tidak semua backlink dibuat sama.
Dengan kata lain, jika Anda ingin peringkat lebih tinggi di SERP , fokuslah pada backlink berkualitas .
Ambil jalan lain:
Satu backlink berkualitas bisa lebih kuat dari 10.000 backlink berkualitas rendah.
Ternyata, backlink berkualitas tinggi cenderung berbagi sifat kunci yang sama.

Ciri # 1: Mereka Berasal Dari Situs Web Tepercaya dan Resmi

Apakah Anda lebih suka mendapatkan backlink dari Harvard ... atau situs web pria acak?
Ternyata, Google merasakan hal yang sama.
Konsep ini dikenal sebagai "Otoritas Domain". Pada dasarnya, semakin banyak otoritas yang dimiliki situs, semakin banyak otoritas yang dapat diteruskan ke situs Anda (melalui tautan).
Domain authority
Misalnya, inilah tautan yang saya dapatkan dari TechCrunch.
Techcrunch backlink
Menurut Ahrefs , TechCrunch adalah domain yang sangat otoritatif.
Karena tautan itu berasal dari situs otoritas, Google memberikan banyak bobot padanya. Bahkan, saya melihat peningkatan lalu lintas mesin pencari organik saya tepat setelah TechCrunch ditautkan ke saya.
Apakah tautan ini sulit didapat? Pastinya.
Apakah mereka layak? Benar.

Ciri # 2: Mereka Sertakan Kata Kunci Target Anda Dalam Teks Jangkar Tautan

Sebagai pengingat, jangkar teks adalah bagian teks yang terlihat dari sebuah tautan.
What are anchor links?
Secara umum, Anda ingin tautan Anda memiliki teks jangkar yang menyertakan kata kunci target Anda.
Faktanya, studi industri baru-baru ini menemukan korelasi antara teks jangkar kaya kata kunci dan peringkat lebih tinggiuntuk kata kunci tersebut.
Keyword rich anchor text
Sekarang, kata peringatan cepat:
Anda tidak ingin berlebihan dengan teks jangkar kaya kata kunci. Bahkan, Google memiliki filter dalam algoritme mereka yang disebut " Google Penguin ".
Google Penguin menyaring situs web yang menggunakan strategi pembangunan tautan topi hitam. Dan secara khusus berfokus pada situs yang membangun backlink yang memiliki teks jangkar yang sama persis.

Ciri # 3: Situs (dan Halaman) Menautkan ke Anda Terkait Dengan Situs Anda

Ketika sebuah situs web terhubung ke situs web lain, Google ingin melihat bahwa kedua situs tersebut terkait.
Ini masuk akal jika Anda memikirkannya:
Bayangkan Anda baru saja menerbitkan artikel tentang lari maraton.
Dalam hal ini, Google akan memberi bobot jauh lebih banyak pada tautan dari situs tentang maraton, lari, kebugaran daripada situs tentang memancing, unicycles, dan perawatan kucing.
Contextual backlinks

Sifat # 4: Tautan Adalah Tautan “Dofollow”

Google dan mesin pencari lainnya mengabaikan tautan dengan tag "nofollow" terlampir.
Nofollow links
(Dengan kata lain, tautan nofollow tidak menghitung algoritma peringkat mesin pencari).
Untungnya, sebagian besar tautan di web adalah tautan “dofollow”.
Dan sebagian besar tautan yang memiliki tag nofollow tidak begitu berharga untuk memulai. Misalnya, tautan dari sumber-sumber ini cenderung tidak mengikuti:
Tautan ini tidak super membantu SEO, jadi bukan masalah besar kalau nofollow.

Ciri # 5: Tautan Berasal Dari Domain yang Belum Ditautkan ke Anda Sebelumnya

Katakanlah Anda mendapatkan tautan dari Situs Web A.
Besar.
Baiklah, katakanlah Website A menghubungkan Anda lagi. Dan lagi. Dan lagi.
Apakah tautan ke-2, ke-3 dan ke-4 sama kuatnya dengan yang pertama?
Tidak.
Ternyata, tautan dari situs web yang sama mengalami penurunan hasil.
Ranking power
Atau dengan kata lain:
Biasanya lebih baik mendapatkan 100 tautan dari 100 situs web berbeda dari 1.000 tautan dari situs web yang sama.
Faktanya, studi korelasi peringkat mesin pencari kami menemukan bahwa jumlah situs yang terhubung dengan Anda (bukan jumlah total backlink) berkorelasi dengan peringkat Google lebih dari faktor lainnya.
Number of referring domains
Sekarang Anda telah melihat jenis backlink apa yang paling membantu untuk peringkat Google Anda, saatnya bagi saya untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana mulai membangunnya.

Praktik terbaik

Buat Aset yang Dapat Dihubungkan

Jika Anda ingin orang lain menautkan ke situs web Anda, Anda perlu sesuatu di situs yang layak Anda tautkan.
(Juga dikenal sebagai "Aset Linkable").
Aset Linkable dapat berupa posting blog, video, perangkat lunak, kuis, survei ... pada dasarnya apa pun yang orang ingintautkan.
Dalam kebanyakan kasus, aset Anda yang dapat ditautkan akan menjadi konten yang luar biasa (itulah sebabnya optimisasi mesin pencari dan pemasaran konten saling terkait erat).
Misalnya, ketika saya pertama kali memulai blog saya, saya menerbitkan daftar 200+ faktor peringkat Google ini .
Google's 200 ranking factors
Suatu hari saya membaca bahwa Google menggunakan 200 sinyal peringkat. Yang membuat saya penasaran: "Apa 200 sinyal ini?".
Tentu saja, Google tidak akan mengumumkannya kepada dunia. Jadi saya mulai mengumpulkan pernyataan dari Google dan paten yang saya temukan online.
Menyusun 200 faktor ini sangat memakan waktu (saya butuh lebih dari 2 minggu).Tetapi pada akhirnya, AKU AKHIRNYA menyusun daftar 200 faktor peringkat yang mungkin digunakan Google dalam algoritme mereka.
Hingga saat ini, konten tunggal ini telah menghasilkan lebih dari 29.900 backlink dari 3.350 domain.
Google Ranking Factors post – Ahrefs data
Bagaimana dengan contoh lain?
Salah satu posting saya yang paling sukses hingga saat ini (dalam hal backlink dan lalu lintas organik) adalah panduan utama saya untuk YouTube SEO .
How to Rank YouTube Videos post
Ketika saya mulai menulis posting ini, saya mulai sukses dengan pemasaran YouTube. Jadi saya memutuskan untuk menyusun dan membagikan apa yang saya pelajari dalam bentuk panduan utama.
Saya juga memutuskan untuk memasukkan banyak contoh dalam panduan saya:
How to Rank YouTube Videos post – Strategies and techniques
(Sesuatu yang tidak dimiliki oleh sebagian besar konten lain pada topik ini)
Meskipun pos ini belum menghasilkan jumlah tautan yang hampir sama dengan pos Faktor Peringkat Google saya, masih ada beberapa backlink.
How To Rank YouTube Videos – High number of backlinks

Bangun Tautan Balik dari Roundup Link

Bayangkan jika orang mempublikasikan posting blog dengan tujuan untuk menghubungkan ke konten berkualitas.
(Jenis konten berkualitas yang sudah Anda terbitkan di situs Anda)
Ini akan sangat bagus, bukan?
Untungnya, itu hal yang nyata. Dan mereka disebut pengumpulan tautan.
Ini sebuah contoh:
Link roundups
Roundup tautan adalah posting blog harian, mingguan, atau bulanan yang menautkan ke konten yang luar biasa.
Berikut adalah contoh dari backlink yang baru-baru ini saya buat dari sebuah roundup:
Roundup
Inilah proses langkah demi langkah.
  1. Temukan Roundup Link di Ceruk Anda:Gunakan string pencarian di pencarian Google, seperti "" Kata Kunci "+" link roundup ".
  2. Pitch Sumber Daya Anda: (Dengan lembut) menyarankan agar mereka menyertakan aset Anda yang dapat ditautkan ke pengumpulan.
Dan jika posting Anda cocok untuk orang itu, Anda akan mendapatkan tautan berkualitas tinggi.
Backlink email
(Mereka juga dapat membagikan konten Anda di media sosial)

Gunakan Metode The Moving Man

Berikut adalah proses 3 langkah:
  1. Pertama, Anda menemukan halaman web, sumber daya, atau bisnis yang sudah usang, diganti nama, atau baru saja diganti nama.
  2. Kemudian, cari situs yang masih menautkan ke sumber daya yang sudah usang ini.
  3. Terakhir, Anda mengirim email kepada orang-orang untuk memberi tahu mereka bahwa mereka menautkan sesuatu yang sudah ketinggalan zaman.
Izinkan saya menunjukkan kepada Anda bagaimana ini bekerja dengan contoh kehidupan nyata ...
Beberapa waktu yang lalu saya membaca bahwa sebuah situs web untuk situs web agen SEO besar tiba-tiba ditutup.
Moving man method
Ini berarti bahwa mereka memiliki banyak halaman di situs mereka yang tidak berfungsi lagi ...
... halaman yang masih banyak orang tautkan.
Secara khusus, saya perhatikan bahwa infografis tentang SEO di situs mereka tidak berfungsi lagi. Yang sempurna, karena saya baru saja menerbitkan infografis yang berfokus pada SEO saya sendiri.
Jadi itu langkah pertama.
Selanjutnya, saya harus melihat siapa yang sebenarnya terkait dengan infografis itu.
Jadi saya menyalakan Ahrefs dan menarik semua tautan mereka:
Ahrefs
Akhirnya, saya mengirim email kepada semua orang yang terhubung dengan infografis untuk memberi tahu mereka bahwa gambar itu tidak berfungsi lagi.Saya juga memberi tahu mereka bahwa infografis saya akan menjadi pengganti yang bagus untuk BlueGlass.
Berikut skrip yang saya gunakan:
Seperti yang Anda lihat, orang lebih dari senang untuk menautkan ke saya:
Backlink email

Pembuatan Tautan Rusak

Strategi ini mirip dengan Metode Moving Man yang baru saja Anda pelajari.
Perbedaannya adalah bahwa dengan pembuatan tautan yang rusak , Anda hanya mencari halaman yang memiliki 404 kesalahan.
Untuk menemukan 404 tautan ini, Anda ingin fokus pada halaman sumber daya di niche Anda. Jadi, jika Anda berada di ceruk kebugaran, Anda akan mencari di Google menggunakan string pencarian ini:
  • "kebugaran" + "halaman sumber"
  • "kebugaran" + "sumber daya"
  • "kebugaran" + "situs yang direkomendasikan"
  • "kebugaran" + "tautan"
Dan Anda akan menemukan halaman seperti ini.
Broken link building
Sekarang Anda dapat mengirim email ke pemilik situs dan meminta tautan. Tetapi saya telah menemukan bahwa mengemis tidak bekerja dengan baik.
Alih-alih, beri tahu pemilik situs tentang tautan yang rusak yang Anda temukan.
Anda dapat dengan mudah menemukan tautan yang rusak di halaman mana pun.Cukup gunakan Periksa Ekstensi Chrome Tautan Saya .
Program ini dengan cepat menemukan tautan yang rusak yang dimiliki laman. Itu juga menyoroti mereka dalam warna merah untuk membuatnya mudah ditemukan:
Broken links
Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengirim email ke pemilik situs tentang tautan mati mereka.

Posting Tamu

Apakah posting tamu sudah mati?
Tidak juga.
Bahkan, ketika Anda pertama kali memulai, blogging tamu adalah salah satu cara TERBAIK untuk mendapatkan tautan ke situs Anda.
Bahkan, ketika saya pertama kali memulai Backlinko, saya menulis lebih dari 50 posting tamu dan wawancara dalam 12 bulan!
Guest posts
Dan tautan yang saya dapatkan dari posting tamu jelas memberikan peningkatan lalu lintas organik saya.
Yang mengatakan, saya sangat strategis tentang berbagai hal. Saya memastikan untuk hanya menulis posting tamu untuk situs berkualitas di niche saya.
Jadi, jika Anda menjalankan situs tentang Diet Paleo, dan menulis posting tamu di situs tentang iPhone, itu akan terlihat seperti spam bagi Google.
Tetapi ketika Anda menulis posting tamu yang luar biasa untuk situs web berkualitas di industri Anda, tautan-tautan itu TIDAK membantu.
Masalahnya, menemukan tempat untuk posting tamu bisa menjadi rasa sakit BESAR.
Tapi ada cara yang lebih mudah ...
Begini cara kerjanya:
Pertama, temukan seseorang di industri Anda yang menulis banyak posting tamu.
Selanjutnya, buka salah satu posting tamu mereka yang diterbitkan. Dan ambil headshot yang mereka gunakan dalam bio penulis mereka:
Guest posting
Akhirnya, masukkan URL tangkapan layar itu ke Google membalikkan pencarian gambar.
Dan Anda akan mendapatkan daftar tempat yang menerbitkan posting tamu.
Guest post URLs

Infografis dan Aset Visual Lainnya

Apakah infografis berfungsi sebagaimana biasanya? Mungkin tidak.
Tapi mereka masih merupakan strategi membangun tautan yang efektif.
Bahkan, ketika kami melihat jenis konten apa yang menghasilkan tautan terbanyak, infografis keluar di bagian atas.
"Why posts", "What posts" and infographics are heavily linked to
Misalnya, salah satu infografis pertama yang saya buat hanya butuh beberapa jam untuk disatukan (saya juga menyewa seorang desainer profesional untuk membuatnya terlihat profesional).
On page SEO
Meskipun infografis ini tidak menyebar, itu menyebabkan beberapa backlink solid:
Infographic backlink
Untuk lebih jelasnya: Saya tidak hanya mempublikasikan infografis saya dan berharap yang terbaik.
Seperti konten apa pun yang Anda publikasikan, Anda perlu mempromosikan infografis secara strategis. Dan untuk melakukan itu, saya sarankan menggunakan strategi yang disebut "Guestographics".
Saya menguraikan dengan tepat bagaimana cara kerja Guestographics dalam posting ini .

Kirim Testimoni

Perusahaan besar dan kecil suka memamerkan testimoni pelanggan.
Dan Anda menggunakan produk atau layanan yang Anda sukai (atau paling tidak suka), pertimbangkan untuk mengirimkan kesaksian.
Untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang sungguhan, mereka akan sering menambahkan tautan ke situs web Anda ... tanpa Anda harus bertanya.
Ini sebuah contoh:
DA89

Ulasan Blogger

Jika Anda memiliki perangkat lunak, produk fisik, layanan konsultasi atau APA PUN nilai yang Anda jual, Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi belasan backlink berkualitas tinggi.
Bagaimana?
Dengan menawarkan produk Anda kepada blogger secara gratis.
Begini caranya:
  1. Temukan blogger di niche Anda yang mungkin tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Jika Anda menjual produk informasi yang mengajarkan orang cara membuat sabun sendiri, Anda akan mencari Google seperti "membuat sabun", "membuat sabun di rumah" dll.
  2. Hasil Anda akan berupa sekumpulan blog, situs web berita, dan situs web "bagaimana caranya" seperti eHow.Saring situs bagaimana atau situs berita. Anda akan dibiarkan dengan daftar blogger yang solid yang mungkin tertarik dengan penawaran Anda, seperti ini:
    Blogger reviews
  3. Jangkau mereka dengan skrip email ini:
Satu kata peringatan: Anda ingin SANGAT hati-hati dengan bahasa yang Anda gunakan untuk strategi ini.
Perhatikan bagaimana Anda tidak menawarkan produk Anda dengan imbalan tautan atau ulasan ... yang akan melanggar Pedoman Webmaster Google .
Sebagai gantinya, kirimi mereka produk dan biarkan mereka memutuskan apakah itu layak disebutkan di blog mereka.

Tautan Reklamasi

Reklamasi tautan sederhana:
Pertama, temukan sebutan perusahaan Anda yang tidak terhubung ke situs Anda.
Ini sebuah contoh:
Backlinko link reclamation example
Lihat bagaimana penulis artikel itu menyebutkan situs web saya ... tetapi tidak menautkannya?
Di situlah reklamasi tautan berperan.
Alih-alih mengatakan "Saya berharap mereka terhubung dengan saya", Anda secara proaktif menjangkau dan meminta mereka untuk terhubung.
Dalam pengalaman saya, pengingat ramah biasanya cukup untuk membuat kebanyakan orang masuk ke WordPress dan menambahkan tautan Anda.
Inilah proses langkah demi langkah:
  1. Gunakan alat seperti BuzzSumo dan Mention.com untuk menemukan sebutan merek Anda secara online.
    Ketika Anda melakukannya, Anda akan mendapatkan kepala setiap kali seseorang menulis tentang Anda:
    Unlinked mentions
  2. Periksa untuk melihat apakah orang yang menyebutkan Anda juga menautkan kembali ke situs Anda (baik beranda atau halaman internal Anda).Jika mereka tertaut ke situs Anda, Anda sudah siap.
    Jika tidak, lanjutkan ke langkah # 3 ...
  3. Kirimkan mereka email ramah ini.

Gunakan HARO

HARO (kependekan dari Help a Reporter Out) adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink otoritas tinggi dari situs berita.
Begini cara HARO bekerja:
  1. Mendaftar Untuk HARO sebagai sumber di sini .
  2. Anda akan mendapatkan tiga email per hari dari wartawan yang mencari sumber, seperti ini:
    Using HARO
  3. Tanggapi dengan kredensial Anda dan beberapa kiat bermanfaat.
Mudah bukan? Anda memberi reporter respons khusus dan mereka akan menghubungkan Anda dengan backlink.
Itu semua yang ada untuk itu.
Misalnya, baru-baru ini mendapat tautan manis dari Entrepreneur.com dengan membalas permintaan HARO:
HARO request

Reverse Engineer Backlink Pesaing Anda

Setiap industri memiliki serangkaian peluang membangun tautan sendiri.
Jadi saya sarankan menyisihkan waktu untuk merekayasa balik pesaing Anda.Dengan begitu, Anda dapat menemukan peluang tautan yang hanya ada di ceruk pasar Anda.
Bagaimana dengan contoh?
Katakanlah Anda menjalankan blog kesehatan dan kebugaran.
Dan salah satu pesaing Anda adalah Nerd Fitness.
Nah, ketika saya memeriksa profil tautan situs itu di pemeriksa backlink , saya perhatikan bahwa BANYAK tautan mereka berasal dari podcast:
Podcasts
Khususnya, orang-orang dari perusahaan itu (terutama pendiri, Steve Kamb) muncul di podcast orang lain sebagai tamu.
Sama seperti itu Anda memiliki daftar tempat yang bagus yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan tautan.
(Jelas, Anda perlu menjangkau orang-orang yang menjalankan podcast tersebut dan menjadikan diri Anda sebagai tamu. Yang membutuhkan kerja. Tapi setidaknya Anda tahu harus mulai dari mana).

Tetap pada Format Konten yang Menghasilkan Tautan

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, infografis adalah salah satu format konten yang ideal untuk membangun backlink.
Tapi itu salah satu dari banyak.
Kami juga menemukan bahwa, meskipun mereka tidak menghasilkan banyak saham media sosial, "Mengapa posting" dan "Apa posting" cenderung untuk sering dihubungkan ke.
Referring domains .vs. Average social shares
Belajarlah lagi
Pembuatan Tautan: Cara Mendapatkan Tautan Balik yang Kuat : Video tutorial yang menunjukkan cara membuat tautan balik ke situs Anda menggunakan teknik SEO topi putih .
Cara Mendapatkan Tautan Balik Berkualitas Tinggi (7 Strategi Baru) : Ini adalah daftar terbaru strategi membangun tautan yang berfokus pada pembuatan tautan balik baru dari situs web otoritas.
15 Alat Pembuat Tautan Luar Biasa : Jika Anda serius dalam membuat tautan, Anda akan memerlukan alat untuk membantu Anda melakukan pekerjaan itu. Berikut daftar yang terbaik dari kelompok itu.
Cara Melakukan Analisis Backlink Dasar pada Pesaing Anda : Pelajari cara mengevaluasi backlink pesaing Anda
Sumber : backlinko

Recent Posts

Popular Posts

Postingan Populer