Pengertian Apa yang dimaksud Backlink?? Tautan atau Pranala Balik
Pengertian Apa yang dimaksud Backlink?? Tautan atau Pranala Balik
Tautan balik - Apa Itu Backlink?
Tautan
balik (juga dikenal sebagai "tautan masuk", "tautan masuk" atau "tautan
satu arah") adalah tautan dari satu situs web ke halaman di situs web
lain. Google dan mesin pencari utama lainnya mempertimbangkan backlink "suara" untuk halaman tertentu. Halaman dengan jumlah backlink yang tinggi cenderung memiliki peringkat mesin pencari organik yang tinggi.
Misalnya, di sini ada tautan dari Forbes ke situs web saya.
Karena tautan itu menunjuk langsung ke halaman di situs web saya, itu adalah "tautan balik".
Mengapa Backlink Penting?
Tautan balik pada dasarnya adalah suara dari situs web lain. Masing-masing suara ini memberi tahu mesin pencari: "Konten ini berharga, kredibel dan bermanfaat".
Jadi, semakin banyak "suara" yang Anda miliki, semakin tinggi peringkat situs Anda di Google dan mesin pencari lainnya.
Menggunakan tautan dalam algoritma mesin pencari bukanlah hal baru. Bahkan, backlink membentuk dasar dari algoritma asli Google (dikenal sebagai " PageRank").
Meskipun Google telah membuat ribuan perubahan pada algoritme sejak saat itu, backlink tetap menjadi sinyal peringkat utama.
Misalnya, studi industri baru-baru ini yang kami lakukan menemukan bahwa tautan tetap menjadi sinyal peringkat utama Google .
Dan Google telah mengkonfirmasi bahwa backlink tetap menjadi salah satu dari tiga faktor peringkat mesin pencari mereka yang paling penting.
Apa Jenis Backlinks yang Berharga?
Tidak semua backlink dibuat sama.
Dengan kata lain, jika Anda ingin peringkat lebih tinggi di SERP , fokuslah pada backlink berkualitas .
Ambil jalan lain:
Satu backlink berkualitas bisa lebih kuat dari 10.000 backlink berkualitas rendah.
Ternyata, backlink berkualitas tinggi cenderung berbagi sifat kunci yang sama.
Ciri # 1: Mereka Berasal Dari Situs Web Tepercaya dan Resmi
Apakah Anda lebih suka mendapatkan backlink dari Harvard ... atau situs web pria acak?
Ternyata, Google merasakan hal yang sama.
Konsep ini dikenal sebagai "Otoritas Domain". Pada
dasarnya, semakin banyak otoritas yang dimiliki situs, semakin banyak
otoritas yang dapat diteruskan ke situs Anda (melalui tautan).
Misalnya, inilah tautan yang saya dapatkan dari TechCrunch.
Menurut Ahrefs , TechCrunch adalah domain yang sangat otoritatif.
Karena tautan itu berasal dari situs otoritas, Google memberikan banyak bobot padanya. Bahkan, saya melihat peningkatan lalu lintas mesin pencari organik saya tepat setelah TechCrunch ditautkan ke saya.
Apakah tautan ini sulit didapat? Pastinya.
Apakah mereka layak? Benar.
Ciri # 2: Mereka Sertakan Kata Kunci Target Anda Dalam Teks Jangkar Tautan
Sebagai pengingat, jangkar teks adalah bagian teks yang terlihat dari sebuah tautan.
Secara umum, Anda ingin tautan Anda memiliki teks jangkar yang menyertakan kata kunci target Anda.
Faktanya, studi industri baru-baru ini menemukan korelasi antara teks jangkar kaya kata kunci dan peringkat lebih tinggiuntuk kata kunci tersebut.
Sekarang, kata peringatan cepat:
Anda tidak ingin berlebihan dengan teks jangkar kaya kata kunci. Bahkan, Google memiliki filter dalam algoritme mereka yang disebut " Google Penguin ".
Google Penguin menyaring situs web yang menggunakan strategi pembangunan tautan topi hitam. Dan secara khusus berfokus pada situs yang membangun backlink yang memiliki teks jangkar yang sama persis.
Ciri # 3: Situs (dan Halaman) Menautkan ke Anda Terkait Dengan Situs Anda
Ketika sebuah situs web terhubung ke situs web lain, Google ingin melihat bahwa kedua situs tersebut terkait.
Ini masuk akal jika Anda memikirkannya:
Bayangkan Anda baru saja menerbitkan artikel tentang lari maraton.
Dalam
hal ini, Google akan memberi bobot jauh lebih banyak pada tautan dari
situs tentang maraton, lari, kebugaran daripada situs tentang memancing,
unicycles, dan perawatan kucing.
Sifat # 4: Tautan Adalah Tautan “Dofollow”
Google dan mesin pencari lainnya mengabaikan tautan dengan tag "nofollow" terlampir.
(Dengan kata lain, tautan nofollow tidak menghitung algoritma peringkat mesin pencari).
Untungnya, sebagian besar tautan di web adalah tautan “dofollow”.
Dan sebagian besar tautan yang memiliki tag nofollow tidak begitu berharga untuk memulai. Misalnya, tautan dari sumber-sumber ini cenderung tidak mengikuti:
- Komentar blog
- Siaran pers
- Iklan berbayar
Tautan ini tidak super membantu SEO, jadi bukan masalah besar kalau nofollow.
Ciri # 5: Tautan Berasal Dari Domain yang Belum Ditautkan ke Anda Sebelumnya
Katakanlah Anda mendapatkan tautan dari Situs Web A.
Besar.
Baiklah, katakanlah Website A menghubungkan Anda lagi. Dan lagi. Dan lagi.
Apakah tautan ke-2, ke-3 dan ke-4 sama kuatnya dengan yang pertama?
Tidak.
Ternyata, tautan dari situs web yang sama mengalami penurunan hasil.
Atau dengan kata lain:
Biasanya lebih baik mendapatkan 100 tautan dari 100 situs web berbeda dari 1.000 tautan dari situs web yang sama.
Faktanya, studi korelasi peringkat mesin pencari kami menemukan
bahwa jumlah situs yang terhubung dengan Anda (bukan jumlah total
backlink) berkorelasi dengan peringkat Google lebih dari faktor lainnya.
Sekarang
Anda telah melihat jenis backlink apa yang paling membantu untuk
peringkat Google Anda, saatnya bagi saya untuk menunjukkan kepada Anda
bagaimana mulai membangunnya.
Praktik terbaik
Buat Aset yang Dapat Dihubungkan
Jika Anda ingin orang lain menautkan ke situs web Anda, Anda perlu sesuatu di situs yang layak Anda tautkan.
(Juga dikenal sebagai "Aset Linkable").
Aset Linkable dapat berupa posting blog, video, perangkat lunak, kuis, survei ... pada dasarnya apa pun yang orang ingintautkan.
Dalam
kebanyakan kasus, aset Anda yang dapat ditautkan akan menjadi konten
yang luar biasa (itulah sebabnya optimisasi mesin pencari dan pemasaran
konten saling terkait erat).
Misalnya, ketika saya pertama kali memulai blog saya, saya menerbitkan daftar 200+ faktor peringkat Google ini .
Suatu hari saya membaca bahwa Google menggunakan 200 sinyal peringkat. Yang membuat saya penasaran: "Apa 200 sinyal ini?".
Tentu saja, Google tidak akan mengumumkannya kepada dunia. Jadi saya mulai mengumpulkan pernyataan dari Google dan paten yang saya temukan online.
Menyusun 200 faktor ini sangat memakan waktu (saya butuh lebih dari 2 minggu).Tetapi pada akhirnya, AKU AKHIRNYA menyusun daftar 200 faktor peringkat yang mungkin digunakan Google dalam algoritme mereka.
Hingga saat ini, konten tunggal ini telah menghasilkan lebih dari 29.900 backlink dari 3.350 domain.
Bagaimana dengan contoh lain?
Salah satu posting saya yang paling sukses hingga saat ini (dalam hal backlink dan lalu lintas organik) adalah panduan utama saya untuk YouTube SEO .
Ketika saya mulai menulis posting ini, saya mulai sukses dengan pemasaran YouTube. Jadi saya memutuskan untuk menyusun dan membagikan apa yang saya pelajari dalam bentuk panduan utama.
Saya juga memutuskan untuk memasukkan banyak contoh dalam panduan saya:
(Sesuatu yang tidak dimiliki oleh sebagian besar konten lain pada topik ini)
Meskipun
pos ini belum menghasilkan jumlah tautan yang hampir sama dengan pos
Faktor Peringkat Google saya, masih ada beberapa backlink.
Bangun Tautan Balik dari Roundup Link
Bayangkan jika orang mempublikasikan posting blog dengan tujuan untuk menghubungkan ke konten berkualitas.
(Jenis konten berkualitas yang sudah Anda terbitkan di situs Anda)
Ini akan sangat bagus, bukan?
Untungnya, itu hal yang nyata. Dan mereka disebut pengumpulan tautan.
Ini sebuah contoh:
Roundup tautan adalah posting blog harian, mingguan, atau bulanan yang menautkan ke konten yang luar biasa.
Berikut adalah contoh dari backlink yang baru-baru ini saya buat dari sebuah roundup:
Inilah proses langkah demi langkah.
- Temukan Roundup Link di Ceruk Anda:Gunakan string pencarian di pencarian Google, seperti "" Kata Kunci "+" link roundup ".
- Pitch Sumber Daya Anda: (Dengan lembut) menyarankan agar mereka menyertakan aset Anda yang dapat ditautkan ke pengumpulan.
Dan jika posting Anda cocok untuk orang itu, Anda akan mendapatkan tautan berkualitas tinggi.
(Mereka juga dapat membagikan konten Anda di media sosial)
Gunakan Metode The Moving Man
Berikut adalah proses 3 langkah:
- Pertama, Anda menemukan halaman web, sumber daya, atau bisnis yang sudah usang, diganti nama, atau baru saja diganti nama.
- Kemudian, cari situs yang masih menautkan ke sumber daya yang sudah usang ini.
- Terakhir, Anda mengirim email kepada orang-orang untuk memberi tahu mereka bahwa mereka menautkan sesuatu yang sudah ketinggalan zaman.
Izinkan saya menunjukkan kepada Anda bagaimana ini bekerja dengan contoh kehidupan nyata ...
Beberapa waktu yang lalu saya membaca bahwa sebuah situs web untuk situs web agen SEO besar tiba-tiba ditutup.
Ini berarti bahwa mereka memiliki banyak halaman di situs mereka yang tidak berfungsi lagi ...
... halaman yang masih banyak orang tautkan.
Secara khusus, saya perhatikan bahwa infografis tentang SEO di situs mereka tidak berfungsi lagi. Yang sempurna, karena saya baru saja menerbitkan infografis yang berfokus pada SEO saya sendiri.
Jadi itu langkah pertama.
Selanjutnya, saya harus melihat siapa yang sebenarnya terkait dengan infografis itu.
Jadi saya menyalakan Ahrefs dan menarik semua tautan mereka:
Akhirnya,
saya mengirim email kepada semua orang yang terhubung dengan infografis
untuk memberi tahu mereka bahwa gambar itu tidak berfungsi lagi.Saya juga memberi tahu mereka bahwa infografis saya akan menjadi pengganti yang bagus untuk BlueGlass.
Berikut skrip yang saya gunakan:
Hai [Nama] ,
Saya sedang mencari beberapa konten untuk dibaca tentang [Topik] pagi ini. Dan saya menemukan posting bagus Anda: [Judul Posting] .
Ngomong-ngomong, saya tidak bisa membantu tetapi memperhatikan bahwa Anda menyebutkan [Sumber Daya YangSudah Kadaluarsa] dalam artikel Anda.
Seperti yang mungkin pernah Anda dengar, [Masalah Dengan Sumber Daya yang Sudah Kadaluarsa] .
Berikut adalah tangkapan layar tempat tautan itu berada: [Screenshot]
Juga, saya baru-baru ini menerbitkan sebuah konten tentang [Topik] . Itu bisa menjadi pengganti yang bagus untuk [Sumber Daya yang Sudah Kadaluarsa] .
Either way, saya harap ini membantu Anda dan bersenang-senang!
Terima kasih,
[Namamu]
[Namamu]
Seperti yang Anda lihat, orang lebih dari senang untuk menautkan ke saya:
Pembuatan Tautan Rusak
Strategi ini mirip dengan Metode Moving Man yang baru saja Anda pelajari.
Perbedaannya adalah bahwa dengan pembuatan tautan yang rusak , Anda hanya mencari halaman yang memiliki 404 kesalahan.
Untuk menemukan 404 tautan ini, Anda ingin fokus pada halaman sumber daya di niche Anda. Jadi, jika Anda berada di ceruk kebugaran, Anda akan mencari di Google menggunakan string pencarian ini:
- "kebugaran" + "halaman sumber"
- "kebugaran" + "sumber daya"
- "kebugaran" + "situs yang direkomendasikan"
- "kebugaran" + "tautan"
Dan Anda akan menemukan halaman seperti ini.
Sekarang Anda dapat mengirim email ke pemilik situs dan meminta tautan. Tetapi saya telah menemukan bahwa mengemis tidak bekerja dengan baik.
Alih-alih, beri tahu pemilik situs tentang tautan yang rusak yang Anda temukan.
Anda dapat dengan mudah menemukan tautan yang rusak di halaman mana pun.Cukup gunakan Periksa Ekstensi Chrome Tautan Saya .
Program ini dengan cepat menemukan tautan yang rusak yang dimiliki laman. Itu juga menyoroti mereka dalam warna merah untuk membuatnya mudah ditemukan:
Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengirim email ke pemilik situs tentang tautan mati mereka.
Hai [Nama Pemilik Situs] ,
Saya baru saja menjelajahi halaman sumber Anda hari ini, dan di antara daftar sumber daya hebat, ada beberapa tautan yang rusak.
Berikut beberapa di antaranya:
[URL 1]
[URL 2]
[URL 3]
[URL 2]
[URL 3]
Oh, dan saya punya situs web, [Situs Web Anda] , yang juga secara teratur memposting konten berkualitas yang terkait dengan apa pun. Jika Anda juga berpikir demikian, jangan ragu untuk memposting tautan di halaman sumber daya Anda.
Apa pun yang saya harap ini membantu dan tetap bekerja dengan baik!
Terima kasih,
[Namamu]
[Namamu]
Posting Tamu
Apakah posting tamu sudah mati?
Tidak juga.
Bahkan, ketika Anda pertama kali memulai, blogging tamu adalah salah satu cara TERBAIK untuk mendapatkan tautan ke situs Anda.
Bahkan, ketika saya pertama kali memulai Backlinko, saya menulis lebih dari 50 posting tamu dan wawancara dalam 12 bulan!
Dan tautan yang saya dapatkan dari posting tamu jelas memberikan peningkatan lalu lintas organik saya.
Yang mengatakan, saya sangat strategis tentang berbagai hal. Saya memastikan untuk hanya menulis posting tamu untuk situs berkualitas di niche saya.
Jadi,
jika Anda menjalankan situs tentang Diet Paleo, dan menulis posting
tamu di situs tentang iPhone, itu akan terlihat seperti spam bagi
Google.
Tetapi
ketika Anda menulis posting tamu yang luar biasa untuk situs web
berkualitas di industri Anda, tautan-tautan itu TIDAK membantu.
Masalahnya, menemukan tempat untuk posting tamu bisa menjadi rasa sakit BESAR.
Tapi ada cara yang lebih mudah ...
Begini cara kerjanya:
Pertama, temukan seseorang di industri Anda yang menulis banyak posting tamu.
Selanjutnya, buka salah satu posting tamu mereka yang diterbitkan. Dan ambil headshot yang mereka gunakan dalam bio penulis mereka:
Akhirnya, masukkan URL tangkapan layar itu ke Google membalikkan pencarian gambar.
Dan Anda akan mendapatkan daftar tempat yang menerbitkan posting tamu.
Infografis dan Aset Visual Lainnya
Apakah infografis berfungsi sebagaimana biasanya? Mungkin tidak.
Tapi mereka masih merupakan strategi membangun tautan yang efektif.
Bahkan, ketika kami melihat jenis konten apa yang menghasilkan tautan terbanyak, infografis keluar di bagian atas.
Misalnya,
salah satu infografis pertama yang saya buat hanya butuh beberapa jam
untuk disatukan (saya juga menyewa seorang desainer profesional untuk
membuatnya terlihat profesional).
Meskipun infografis ini tidak menyebar, itu menyebabkan beberapa backlink solid:
Untuk lebih jelasnya: Saya tidak hanya mempublikasikan infografis saya dan berharap yang terbaik.
Seperti konten apa pun yang Anda publikasikan, Anda perlu mempromosikan infografis secara strategis. Dan untuk melakukan itu, saya sarankan menggunakan strategi yang disebut "Guestographics".
Saya menguraikan dengan tepat bagaimana cara kerja Guestographics dalam posting ini .
Kirim Testimoni
Perusahaan besar dan kecil suka memamerkan testimoni pelanggan.
Dan Anda menggunakan produk atau layanan yang Anda sukai (atau paling tidak suka), pertimbangkan untuk mengirimkan kesaksian.
Untuk
menunjukkan bahwa Anda adalah orang sungguhan, mereka akan sering
menambahkan tautan ke situs web Anda ... tanpa Anda harus bertanya.
Ini sebuah contoh:
Ulasan Blogger
Jika
Anda memiliki perangkat lunak, produk fisik, layanan konsultasi atau
APA PUN nilai yang Anda jual, Anda dapat dengan mudah mengubahnya
menjadi belasan backlink berkualitas tinggi.
Bagaimana?
Dengan menawarkan produk Anda kepada blogger secara gratis.
Begini caranya:
- Temukan blogger di niche Anda yang mungkin tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Jika Anda menjual produk informasi yang mengajarkan orang cara membuat sabun sendiri, Anda akan mencari Google seperti "membuat sabun", "membuat sabun di rumah" dll.
- Hasil Anda akan berupa sekumpulan blog, situs web berita, dan situs web "bagaimana caranya" seperti eHow.Saring situs bagaimana atau situs berita. Anda akan dibiarkan dengan daftar blogger yang solid yang mungkin tertarik dengan penawaran Anda, seperti ini:
- Jangkau mereka dengan skrip email ini:Hai [Nama Pemilik Situs] ,Saya mencari [Some Soap Recipes Homemade] hari ini ketika saya menemukan [Situs Web] .Hal yang luar biasa!Sebenarnya, saya baru saja meluncurkan panduan yang [Mengajarkan Orang Cara Membuat Sabun Mewah Di Rumah] . Saya biasanya mengenakan biaya [$ X] , tetapi saya akan dengan senang hati mengirimkannya kepada Anda di rumah.Biarkan saya tahu bagaimana itu terdengar.Tepuk tangan,
[Nama pertama Anda]
Satu kata peringatan: Anda ingin SANGAT hati-hati dengan bahasa yang Anda gunakan untuk strategi ini.
Perhatikan bagaimana Anda tidak menawarkan produk Anda dengan imbalan tautan atau ulasan ... yang akan melanggar Pedoman Webmaster Google .
Sebagai gantinya, kirimi mereka produk dan biarkan mereka memutuskan apakah itu layak disebutkan di blog mereka.
Tautan Reklamasi
Reklamasi tautan sederhana:
Pertama, temukan sebutan perusahaan Anda yang tidak terhubung ke situs Anda.
Ini sebuah contoh:
Lihat bagaimana penulis artikel itu menyebutkan situs web saya ... tetapi tidak menautkannya?
Di situlah reklamasi tautan berperan.
Alih-alih
mengatakan "Saya berharap mereka terhubung dengan saya", Anda secara
proaktif menjangkau dan meminta mereka untuk terhubung.
Dalam
pengalaman saya, pengingat ramah biasanya cukup untuk membuat
kebanyakan orang masuk ke WordPress dan menambahkan tautan Anda.
Inilah proses langkah demi langkah:
- Gunakan alat seperti BuzzSumo dan Mention.com untuk menemukan sebutan merek Anda secara online.Ketika Anda melakukannya, Anda akan mendapatkan kepala setiap kali seseorang menulis tentang Anda:
- Periksa
untuk melihat apakah orang yang menyebutkan Anda juga menautkan kembali
ke situs Anda (baik beranda atau halaman internal Anda).Jika mereka tertaut ke situs Anda, Anda sudah siap.Jika tidak, lanjutkan ke langkah # 3 ...
- Kirimkan mereka email ramah ini.Hai [Nama] ,
Saya hanya ingin menjangkau dan mengucapkan "terima kasih" karena menyebut [Merek Anda] di artikel hebat Anda kemarin.Kami sangat, sangat menghargainya.Saya menjangkau hari ini untuk menanyakan apakah Anda dapat menambahkan tautan kembali ke situs kami. Dengan begitu, orang dapat dengan mudah menemukan kami saat membaca artikel Anda.Either way, terima kasih atas teriakannya dan terus bekerja dengan baik!Terima kasih,
[Nama pertama Anda]
Gunakan HARO
HARO
(kependekan dari Help a Reporter Out) adalah salah satu cara terbaik
untuk mendapatkan backlink otoritas tinggi dari situs berita.
Begini cara HARO bekerja:
- Mendaftar Untuk HARO sebagai sumber di sini .
- Anda akan mendapatkan tiga email per hari dari wartawan yang mencari sumber, seperti ini:
- Tanggapi dengan kredensial Anda dan beberapa kiat bermanfaat.
Mudah bukan? Anda memberi reporter respons khusus dan mereka akan menghubungkan Anda dengan backlink.
Itu semua yang ada untuk itu.
Misalnya, baru-baru ini mendapat tautan manis dari Entrepreneur.com dengan membalas permintaan HARO:
Reverse Engineer Backlink Pesaing Anda
Setiap industri memiliki serangkaian peluang membangun tautan sendiri.
Jadi saya sarankan menyisihkan waktu untuk merekayasa balik pesaing Anda.Dengan begitu, Anda dapat menemukan peluang tautan yang hanya ada di ceruk pasar Anda.
Bagaimana dengan contoh?
Katakanlah Anda menjalankan blog kesehatan dan kebugaran.
Dan salah satu pesaing Anda adalah Nerd Fitness.
Nah, ketika saya memeriksa profil tautan situs itu di pemeriksa backlink , saya perhatikan bahwa BANYAK tautan mereka berasal dari podcast:
Khususnya, orang-orang dari perusahaan itu (terutama pendiri, Steve Kamb) muncul di podcast orang lain sebagai tamu.
Sama seperti itu Anda memiliki daftar tempat yang bagus yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan tautan.
(Jelas,
Anda perlu menjangkau orang-orang yang menjalankan podcast tersebut dan
menjadikan diri Anda sebagai tamu. Yang membutuhkan kerja. Tapi
setidaknya Anda tahu harus mulai dari mana).
Tetap pada Format Konten yang Menghasilkan Tautan
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, infografis adalah salah satu format konten yang ideal untuk membangun backlink.
Tapi itu salah satu dari banyak.
Kami
juga menemukan bahwa, meskipun mereka tidak menghasilkan banyak saham
media sosial, "Mengapa posting" dan "Apa posting" cenderung untuk sering
dihubungkan ke.
Belajarlah lagi
Pembuatan Tautan: Cara Mendapatkan Tautan Balik yang Kuat : Video tutorial yang menunjukkan cara membuat tautan balik ke situs Anda menggunakan teknik SEO topi putih .
Cara Mendapatkan Tautan Balik Berkualitas Tinggi (7 Strategi Baru) : Ini adalah daftar terbaru strategi membangun tautan yang berfokus pada pembuatan tautan balik baru dari situs web otoritas.
15 Alat Pembuat Tautan Luar Biasa : Jika Anda serius dalam membuat tautan, Anda akan memerlukan alat untuk membantu Anda melakukan pekerjaan itu. Berikut daftar yang terbaik dari kelompok itu.
Cara Melakukan Analisis Backlink Dasar pada Pesaing Anda : Pelajari cara mengevaluasi backlink pesaing Anda
Sumber : backlinko